Home » , » Laporan Baca, SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR

Laporan Baca, SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR




LAPORAN BACAAN
Judul Buku                       :    SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR
Pengarang                        :    Prof.Dr.Soerjono Soekanto
Penerbit                           :    PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Bab                                 :    IV & V.
Diserahkan Kepada         :    -
Sebagai Tugas Dari          :    -

BAB VII,
KEKUASAAN, WEWENANG, dan KEPEMIMPINAN
A. Kekuasaan
            Pada buku sosiologi Bab VII yang ditulis oleh Soejono Soekanto, Ia menjelaskan bahwa kekuasaan mempunyai peranan yang dapat menentukan nasib berjuta-juta manusia. Adanya kekuasaan cendrung tergantung dari hubungan antara pihak yang memiliki kemampuan untuk melancarakan pengaruh dengan pihak lain yang menerima pengaruh itu, rela atau terpaksa.

Hakikat kekuasaan dan sumbernya
            Kekuasaan mempunyai aneka macam bentuk dan macam-macam sumber. Hak milik kebendaan dan kedudukan merupakan sumber kekuasaan. Secara formal Negara mempunyai hak untuk melaksanakan kekuasaan tertinggi. Sifat dan hakikat kekuasaan itu adalah simetris dan  asimetris sedangkan kekuasaan dapat bersumber dari bermacam-macam faktor yang dapat dikaitkan dengan sumber dan kegunaannya.

Unsur-unsur saluran kekuasaan dan dimensinya
           Kekuasaan dapat dijumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antar kelompok mepunyai unsur pokok seperti rasa takut, rasa cinta, kepercayaan dan pemujaan. Sedangkan saluran-saluran kekuasaan adalah saluran militer, saluran ekonomi, saluran politik, saluran tradisi, saluran ideology dan saluran lainnya misalnya alat-alat komunikasi massa.

Cara-cara mempertahankan Kekuasaan
Cara mempertahankan kekuasaan  yaitu:
-          Menghilangkan peraturan-peratuan lama yang merugikan kedudukan penguasa.
-          Mengadakan system-sistem kepercayaan \
-          Pelaksanaan adminitrasi dan birokrasi yang baik
-          Mengadakan konsolidasi secara horizontal dan vertical
Sedangkan cara untuk memperkuat kedudukan yaitu menguasai bidang-bidang tertentu dan penguasaan bidang-bidang kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan dengan paksa dan kekerasan.

Beberapa bentuk lapisan kekuasaan
           Bentuk-bentuk kekuasaan pada masyarakat-masyarakat tertentu di dunia ini beraneka macam dengan masing-masing polanya. Menurut Robert M. Maclver terdapat 3 tipe umum piramida kekuasaan dalam masyarakat yaitu tipe kasta, tipe oligarkis dan tipe demokratis.

B. Wewenang
            Sebagaimana halnya dengan kekuasaan, wewenang juga dapat dijumpai dimana-mana, walaupun tidak selamanya kekuasaan dan wewenang berada di satu tangan. Wewenang adalah suatu hak yang telah ditetapkan dalam suatu tata tertib sosial untuk menetapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan, menentukan keputusan-keputusan mengenai persoalan-persoalan yang penting, dan untuk menyelesaikan pertentangan-pertentangan. Wewenang ada tiga macam yaitu wewenang kharismatin, wewenang tradisional, dan wewenang rasional (legal).

C. Kepemimpinan
            Kepemimpinan (Leadership) adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain sehingga orang lain tersebut bertingkah-laku sebagaimana dikehendaki oleh pemimpin tersebut. Kepemimpinan dibedakan dengan sebagai kedudukan dan sebagai proses sosial. Sifat kepemimpinan yaitu resmi dan tidak resmi. Seorang pemimpin diharapkan dapat menempati ketiga kedudukan tersebut yaitu sebagai pemimpin dimuka, pemimpin ditengah-tengah, dan sebagai pemimpin di belakang.

BAB VIII,
PERUBAHAN SOSIAL dan KEBUDAYAAN
Prof.Dr.Soerjono Soekanto  mengatakan pada buku sosiologi Bab VIII bahwa setiap masyarakat selama hidup pasti mengalami perubahan-perubahan yang tidak menarik. Proses perubahan sosial dan kebudayaan yang dikutip dari Selo Soemardjan,yakni penyesuaian masyarakat terhadap perubahan,saluran-saluran perubahan sosial dan budayaan,disorganisasi dan reorganisasi. Perubahan ketingkat modernisasi,yaitu pada hakikatnya modernisasi tidak sama dengan reformasi. Adapun syarat-syarat suatu modernisasi yang dijelaskan secara detail dari buku sosiologi suatu pengantar yang di kutip dari Ogburn dan Nimkoff. Agar kita semua dapat memahami apa itu modernisasi.
Dalam buku ini mengutip tentang masalah sosial yang di kutip dari Samuel Koenig yakni bahwa ada dua macam persoalan yaitu antara masalah masyarakat dengan problema sosial.masalah sosial itu sendiri menyangkut nilai-nilai sosial dan moral,disisi lai Soejono ingin menjelaskan bahwa sosiologi juga perlu mempelajari masalah-masalah sosial karena ini berbicara tentang aspek-aspek sosial.
Soejono soekanto  ingin mengklasifikasikan masalah sosial dan sebab-sebabnya.yaitu berdasarkan sumbernya : Ekonomis, Biologis, Biopsikologis, dan Kebudayaan.
Yang menjadi ukuran-ukuran sosiologi terhadap masalah sosial ialah :
-             Kriteria utama
-             Sumber-sumber sosial dan masalah sosial
-             Pihak-pihak yang menetapkan apakah suatau kepincangan merupakan masalah sosial atau tidak ?
-             Manifest sosial dan latent sosial problem
-             Perhatian masyarakat dan masalah sosial
Dan menurut Soejono Soekanto yang menjadi masalah sosial penting yaitu Kemiskinan, Kejahatan, Disorganisasi keluarga, Masalah generasi muda dalam masyarakat modern, dan Peperangan. Sedangkan Pelanggaran terhadap norma-norma yaitu Pelacuran, Delinkuensi anak-anak, Alkohlisme, dan Homoseksualitas.
BAB X,
PERUBAHAN SOSIAL dan KEBUDAYAAN
Pada Bab terakhir buku ini Soejono Soekanto menjelaskan bahwa buku ini merupakan suatu pengantar untuk kemudian memperdalam sosiologi sebagai ilmu. Dia juga ingin menjelaskan buat para pembaca agar mengetahui bahwa manfaat penilitian sosiologi bagi pembangunan, bagaimana kita melangsungkan pembangunan yaitu dengan struktural,Spiritual dan Struktural. Bagaimana syarat yang diperlukan, tahap-tahap pembangunan, penelitian sosiologis, dan manfaat penelitian sosiologis bagi pembangunan.
TANGGAPAN
Buku Prof.Dr.Soerjono Soekanto yang berjudul SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR secara keseluruhan sangat bagus dan menarik serta mudah di mengerti, khususnya dalam menjawab betapa pentingnya kita harus belajar sosiologi yaitu sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan-hubungan antara orang-orang dalam masyarakat tersebut, buku ini sangat efektif untuk memudahkan pembaca untuk memegang peranan penting dalam membantu memecahkan masalah-masalah sosial, seperti kemiskinan, konflik antar ras, delikuensi anak-anak, dan lain-lain. Buku ini berupaya menemukan sebab-sebab terjadinya masalah.
            Pada bab VII sangat jelas menekan bahwa kekuasaan, wewenang, dan kepemimpinan sangat berkaitan dengan suatu keahlian tertentu dalam pengaturan-pengaturan kehidupan suatu masyarakat menurut saya ini buku ini sangat penting untuk di ketahui dalam suatu masyarakat. Dan juga pada bab VIII buku ini sangat tepat menjelaskan bahwa seharusnya masyarakat sadar bahwa setiap masyarakat selama hidup pasti mengalami perubahan-perubahan yang tidak menarik. Serta di bab terakhir atau bab X, buku ini membawa kita sadar betapa pentingnya kita mengerti manfaat penilitian sosiologi bagi pembangunan, dan bagaimana kita melangsungkan pembangunan. Akhirnya saya pribadi sangat puas dan sangat dibantu dengan membaca isi buku ini, sehingga sangat melengkapi apa yang telah di ajarkan ibu dosen dalam mata kulia Sosiologi.

Bagikan artikel ini :

Post a Comment

 
Supported by: Blogger | Blogger.com
Copyright © 2014. Rumah Pelayanan - All Rights Reserved
WWW . RUMAHPELAYANAN . COM