Home » , » Laporan Baca, MAXIMIZING YOUR POTENTIAL

Laporan Baca, MAXIMIZING YOUR POTENTIAL



Reading Report
Judul Buku                      :    MAXIMIZING YOUR POTENTIAL
Pengarang                        :    Dr. Myles Munroe
Jumlah halaman               :    204 hlm.
Penerbit                           :    Immanuel Publishing House
Diserahkan Kepada         :    -
Sebagai Tugas Dari         :    -

Dalam buku Maximizing Your Potential yang di tulis oleh Dr. Myles Munroe  memulai bukunya dalam pendahuluan bahwa salah satu tragedi terbesar dalam kehidupan adalah mengamati potensi yang belum dimanfaatkan mati. Tragedi yang lebih besar adalah mengamati potensi kehidupan yang tidak dilepaskan. Beliau menjelaskan betapa sedihnya mengetahui bahwa mayoritas orang di planet ini tidak akan pernah menemukan jati diri mereka. Ketakutan adalah sumber dari 90% ketiadaan kemajuan dan pengembangan pribadi dalam kehidupan jutaan individu yang memiliki karunia, bakat, dan sumber daya. Yesus adalah contoh manusia terbaik yang mendemonstrasikan sifat potensi manusia yang terbatas, berkata “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” (Markus 9:23b). Manusia itu seperti sebuah bawang, potensinya disingkapkan selapis demi selapis sampai semua keberadaannya dikenal semua orang.

Pada Bab 1, Myles Munroe menjelaskan mengapa harus memaksimalkan?. Kata memaksimalkan adalah mengekspresikan, menyingkapkan, mengalami, dan melaksanakan semua kemampuan, bakat, karunia, dan potensi yang tersembunyi yang telah diberikan Tuhan melalui visi ke dalam jiwa kita untuk menggenapi tujuan-Nya bagi kehidupan kita di bumi. Ada 3 fondasi cara berpikir tentang kehidupan yang berhasil dan efektif, PERTAMA Prinsip dari Kapasitas yaitu kapasitas Anda sesungguhnya tidak dibatasi, dikurangi, atau diubah oleh pendapat orang lain atau pengalaman Anda sebelumnya. Anda mampu mencapai kecerdasan total yang diberikan Pencipta Anda kepada Anda untuk memenuhi tujuan-Nya bagi kehidupan Anda. Karena itu, kunci untuk memaksimalkan potensi penuh Anda adalah menemukan tujuan pada penggenapannya apa pun resikonya. Yang KEDUA adalah Prinsip Perbandingan, keberhasilan sejati adalah apa yang sudah Anda lakukan dibanding apa yang bisa Anda lakukan. Yang KETIGA adalah Prinsip Pengalaman, pada intinya, pengalaman tidak membatalkan kapasitas, kemampuan Anda tidak pernah dibatasi oleh pengalaman Anda.
Salah satu kunci untuk memaksimalkan potensi Anda adalah menjadi tidak puas dengan keadaan-keadaan yang melarang, membatasi, dan mencekik potensi Anda. Jangan menjadi seekor merpati jika Anda dilahirkan untuk menjadi seeskor rajawali, alamilah ketinggian Tuhan bagi kehidupan Anda. Pada bab ke-2 buku ini menjelaskan Bagaimana Menjadi Potensial, Belajar untuk menyingkapkan kekayaan yang tersembunyi dari potensi Anda adalah tugas terbesar dan kebutuhan yang paling mendesak dalam kehidupan Anda. Kunci untuk melepaskan potensial Anda adalah: PERTAMA Kenalilah Sumber Anda, Tuhan adalah sumber Anda, Anda harus mengenal Tuhan sebagai sumber Anda jika Anda ingin mengalami kehidupan yang memuaskan dan kelimpahan, karena kunci mendasar untuk melepaskan potensial adalah selalu berhubungan dengan sumber atau si pembuat suatu produk. Yang KEDUA adalah Memahami Fungsi Anda, Manusia dirancang Tuhan untuk pria dan wanita menuntun mereka untuk hidup dari perspektif firman dengan kekekalan dalam hati mereka. Belajar untuk berfungsi dengan melihat melampaui apa yang Anda lihat sekarang kepada apa yang masih mungkin merupakan kunci penting untuk melepaskan potensi Anda, dan Anda harus menetapkan dalam hati untuk hidup oleh iman. Yang KETIGA adalah Memahami Tujuan Hidup Anda, untuk sepenuhnya melepaskan potensi Anda, Anda harus menemukan alasan Anda untuk hidup dan tugas yang menyertainya. Potensi Anda memampukan Anda untuk memenuhi tujuan hidup Anda, dan tujuan hidup Anda mengungkapkan potensi yang tersembunyi dalam diri Anda. Keberhasilan tanpa suatu pemahaman tentang tujuan hidup tidak berarti.

Yang KEEMPAT kunci untuk melepaskan potensial Anda adalah Kenalilah Sumber Daya Anda, Tuhan telah memberikan kepada Anda sumber daya roh, tubuh, jiwa, waktu, dan hal-hal material. Penggunaan yang benar dari sumber daya ini akan melepaskan potensi Anda. Karena itu Anda tidak bisa memenuhi potensi Anda yang tidak terbatas kecuali Anda mempelajari sumber daya apa yang Anda miliki. Yang KELIMA adalah Peliharalah Lingkungan yang Benar, Tuhan menciptakan Anda untuk hidup dengan-Nya dalam suatu hubungan persekutuan dan ketaatan yang dibentuk dan dirawat oleh hadirat, kepastian, dan arahan-Nya. Anda tidak bisa secara konsisten menghabiskan waktu dengan orang-orang yang tidak beriman, atau dikelilingi oleh perilaku jahat, dan memilihara persekutuan Anda dengan Tuhan. Hidup di luar lingkungan ideal Anda akan menghancurkan potensi Anda karena lingkungan yang salah selalu berarti kematian. Dan yang tekahir atau yang KEENAM adalah Bekerja untuk Potensi, impian tanpa kerja tidak memenuhi apa pun. Anda harus bekerja, kesukaan bekerja adalah rahasia untuk kemajuan, produktivitas, dan kepuasan karena kerja mendorong untuk melepaskan potensi, dan potensi adalah kelimpahan bakat, kemampuan, dan kecakapan yang diberikan kepada seriap orang. Karena itu tujuan Tuhan memberikan Anda pekerjaan adalah untuk memberkati Anda dengan memanggil dari dalam diri Anda semua yang Ia lihat dalam diri Anda.

Dalam buku ini juga dicatat mengenai  Musuh potensi.  Dunia memang ahli dalam menggugurkan potensi. Ia tidak hanya tidak akan melakukan apa pun untuk membantu anda  mengungkapkan dan menggunakan apa yang tersembunyi dalam diri anda, kemungkinan besar ia dapat membuat anda putus asa dengan mengukur usaha-usaha anda melalui standar-standar keberhasilan.

Anda dapat bekerja keras untuk mencapai suatu impian tetapi jika anda tidak melindunginya, mengolahnya, membanginya dan bertidak dalam standar  dan arahan Tuhan, anda akan kehilangan potensi itu.  Setan adalah musuh kita. Ia ingin menghancurkan kuasa Tuhan dalam diri kita  sehingga kemulian Tuhan tidak dinyatakan dalam diri kita.

Myles Munroe menjelaskan  Ada beberapa musuh potensi antara lain adalah PERTAMA ketidaktaatan, Alkitab berulang kali menyatakan bahwa ketidaktaantan menahan berkat-berkat Tuhan dan menimpakan kutuk atas kita. Ketidaktaatan selalu membuang potensi dan memperlambat pencapaian tujuan. KEDUA  adalah dosa, dosa adalah suatu penyakit yang lebih mendasar karena merupakan pemberontakan total kepada Tuhan. KETIGA, Rasa takut.  Rasa takut tinggal dalam semua hal yang bisa gagal bukan pada apa yang akan berhasil. KEEMPAT Keputusasaan, banyak potensi dikorbankan diatas keputusasaan. KELIMA adalah Penundaan, penundaan suatu tindakan sampai terlambat akan membunuh potensi perlu diketahui juga penundaan sering muncul akibat keputusasaan.

 KEENAM adalah Kegagalan-kegagalan masa lalu, kegagalan tidak pernah merupakan alasan untuk berhenti mencoba, kegagalan memberi kesempatan lain untuk menikmati keberhasilan. KETUJU adalah  Pendapat orang lain, meninggalkan impian-impian kita karena orang lain meremehkannya atau menyebutkan kita gila jika mencobanya, akan membuang potensi. KEDELAPAN adalah, Gangguan-gangguan, setan menggunakan gangguan-gangguan untuk menghentikan kita untuk menuju suatu sasaran, atau setidaknya mengubah laju kemajuan itu dan pada akhirnya kita tidak bisa memaksimalkan potensi kita.

KESEMBILAN adalah,  Keberhasilan, keberhasilan merupakan musuh potensi lainnya  saat kita menyelesaikan suatu tugas dan berhenti kita kira kita sudah berhasil, kita tidak akan pernah menjadi jati diri kita seutuhnya. KESEPULUH adalah Tradisi, musuh yang sangat kuat bagi potensi karena penuh dengan rasa aman. KESEBELAS, Lingkungan yang salah, pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. 1 Kor 15:33b. KEDEUABELAS adalah Perbandingan, kecenderungan membandingkan dapat mematikan potensi karena mungkin menghasilkan keputusasaan atau kebanggaan palsu. KETIGABELAS adalah Perlawanan,  untuk memaksimalkan potensi kehidupan, anda harus menerima dan memahami sifat alami dan nilai dari perlawanan. Dan yang TERAKHIR adalah Tekanan Masyarakat.

Myles Munroe menyimpulkan kunci untuk memaksimalkan potensi adalah harus menjaga dan melindungi potensi kita, mengolah dan memberi makan potensi kita, mengerti dan mamatuhi hukum batasan yang mengatur potensi dan mebagikan potensi yang kita miliki. Dan Myles Munroe menekankan setan adalah musuh yang paling mematikan  baik itu impian, rencana dan ide-ide kita hal itulah yang menjadi sasaran kekuatan jahatnya.

Setelah kita mengenali musuh dari potensi kita hal lain yg akan kita lakukan berikutnya adalah menjaga dan melindungi potensi kita.  Potensi kita seperti  harta karun  yang perlu dijaga dan dipertahankan harta karun ini adalah hikmat dan kuasa Tuhan dalam diri kita (potensi kita) serta karunia dari RohNya. Hikmat adalah harta karun yang perlu dipertahankan. Permulaan hikmat adalah Takut akan Tuhan, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik…Maz 111:10; Amsal 1:7. Karenanya kita harus menjaga dan mempertahankan simpanan hikmat dan pengetahuan Nya dalam diri kita. Harta karun lainnya adalah Kuasa Tuhan, kita harus menjaga kuasa Tuhan dalam diri kita dengan hati-hati sehingga visi kita dapat diubah menjadi misi dan potensi Tuhan dapat terungkap dalam diri kita. Kuasa Tuhan dalam diri kita adalah harta karun yang harus dipertahankan dari rencana sijahat. Harta karun berikutnya dari Roh Kudus. Roh Kudus dapat mengungkapkan hikmat dan Kuasa Tuhan serta menjamin bahwa kita akan  menerima semua yang telah direncanakan Tuhan untuk mereka yang mencari hikmatnya dan hidup oleh kuasaNya. Pada intinya hikmat, kuasa, dan Roh Tuhan adalah harta karun yang harus dijaga dan dipertahankan.

Myles Munroe juga mengingatkan dalam bukunya supaya kita tetap menjaga keselamatan potensi kita dengan cara  mengenali musuh-musuh sebagai kekuatan jahat, waspadai serangan setan, bersiap untuk mengalahkan serangannya, berdirilah teguh ditengah serangan. Myles Munroe juga memberikan beberapa pedoman untuk perlindungan diri kita  dari serangan yaitu jangan jawab para pengkritik anda, tempatkanlah penjaga untuk mencegah serangan dan memperingatkan tentang bahaya yang mengancam, biarkan Tuhan yang berperang bagi anda, jangan biarkan kesunyian dalam pertempuran membuat anda yakin bahwa perang sudah berahir, jangan buang waktu anda untuk berbicara, jangan mau diintimidasi oleh ancaman dan tuduhan dari para pengkritik anda.

Myles Munroe juga menuliskan dalam bukunya bahwa potensi kita harus diolah  dan memberi makan. Mengolah dan member makan potensi adalah kunci kedua untuk memaksimalkan potensi kita. Kita harus memperhatikan nutrisi yang anda berikan kepada tubuh, jiwa dan roh serta pekerjaan yang anda lakukan untuk membuatnya tetap sehat sesuai spesifikasi-spesifikasi Pencipta, kita akan terkejut dan bahagia banyaknya hal yang  yang kita capai serta kepuasan dan kebahagiaan hidup yang akan akan kita alami.  Mengolah dan memberi makan tubuh kita dapat dilakukan dengan memperoleh makanan, pelatihan, dan istirahat yang layak  melalui penggunaannya secara bijak , dan dengan cara menjaga dan melindunginya dari polutan-polutan. Sedangkan makanan untuk jiwa adalah dengan cara memberi makan pikiran dengan hal-hal yang positif, mendisplin kemauan  untuk menemukan dan hidup oleh hikmat dan tujuan-tujuan Tuhan. Sedangkan member makan roh  adalah dengan hidup dari hikmat rahasia Tuhan yang disalurkan melalui Roh KudusNya.

Hal berikutnya yang harus dilakukan sesuai dengan tulisan Myles Munroe dalam bukunya adalah Membagikan Potensi Anda. Memberikan potensi anda kepada orang lain adalah kunci dasar untuk memaksimalkan semua yang telah Tuhan berikan kepada anda, untuk memberkati anda dan memberi manfaat bagi orang lain. Kita ketahui Tuhan berbagi dengan anda supaya anda dapat berbagi dengan orang lain karena ketika kita berbagi akan mengubahkan dan menyingkapkan potensi kita. Sebaliknya ketika kita menerima tapi tidak memberi atau membagikannya  hal itu akan menghasilkan menghancurkan. Jadi potensi itu belum sepenuhnya dimaksimalkan sampai potensi itu mereproduksi  dirinya sendiri dalam generasi berikutnya.

Dalam buku ini juga Myles Munroe menuliskan mengenai bagaimana Memulihkan Potensi. Perjalanan untuk memulihkan potensi anda dimulai dengan mengampuni yaitu pengampunan dari Tuhan dan mengampuni diri sendiri. Tapi perlu diketahui mengampuni diri sendiri sering lebih sulit. Tuhan mengampuni  dan mulupakan dosa kita segera setelah kita mengakuinya. Langkah kedua dalam memulihkan potensi kita adalah Kemampuan. Untuk meninggalkan masa lalu dan menggunakannya sebagai informasi dan untuk mengembangkan masa depan kita. Kita harus belajar untuk hidup dengan ingatan masa lalu dan mengizinkan semua itu menjadi kekuatan positif dalam kehidupan kita. Langkah ketiga yang harus kita lakukan dalam memulihkan potensi kita adalah menebus waktu yang meninggalkan kita. Kita tidak dapat kembali kemasa lalu, tetapi kita dapat membuat perubahan yang diperlukan dalam hidup untuk mengizinkan pengunaan sisa-sisa hari kita dengan bijaksana. Dan kita harus bisa momotivasi diri kita. Tidak peduli apa yang orang lain katakana tentang anda, dan apa yang anda percayai tentang diri anda, anda adalah orang yang mampu dan berbakat.

Dalam Bab terakhir dari buku ini Myles Munroe menuliskan tentang Potensi dan Tujuan Tuhan.
Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan suatu tujuan dan setiap ciptaanNya dilengkapi dengan potensi atau kemampuan untuk memenuhi tujuan tersebut. Pembatasan potensi mempunyai pengaruh langsung  pada tujuan dan kehendak Tuhan. Tidak ada yang lebih tragis daripada membuang, menolak, menyalahgunakan dan menindas potensi manusia. Perlu diketahui juga anda akan kehilangan potensi saat anda mencoba untuk hidup sesuai dengan kemauan anda sendiri. Jadi potensi yang ada didalam diri kita bagian dari tujuan Tuhan kita memiliki kemampuan untuk berkuasa dan mengolah bumi (Kejadian 1:26)


TANGGAPAN

Buku MAXIMIZING YOUR POTENTIAL (DR. MYLES MUNROE) setelah saya membaca buku ini saya menyimpulkan buku ini adalah sebuah buku yang sangat menginspirasi disamping bukunya tidak terlalu tepal yaitu hanya 204 halaman. Bahasanya yang mudah dimengerti dan penyampaian isi atau tujuan dari bukunya sangat mudah di tangkap dan mampu membakar spirit kita untuk tetap semangat membaca bukunya, apalagi konten-konten dibumbuhi oleh ayat-ayat firman Tuhan (Alkitab).

Buku ini memiliki konsep-konsep yang praktis dan terintegrasi dan disetiap akhir dari bab selalu menuliskan kembali ringkasan atau topik penting dari setiap pembahasan dalam bab tersebut. Gaya penulisan yang menarik artinya dalam setiap kalimat penting biasanya di tulis dalam cetak tebal atau tulisan miring sehingga itu sangat memudahkan kita untuk merekam apa yang kita baca dalam memori otak kita.

 MANFAAT BUKU

Membaca judul dari bukunya saja kita sudah mendapatkan manfaat yang bisa menyalakan gairah mengetahui potensi apa dalam diri kita dan bagaimana untuk memaksimalkannya. Setelah saya membaca buku ini manfaat yang paling penting yang saya dapatkan adalah yang ditulis Myles Munroe dalam bab terakhir tentang potensi dan tujuan Tuhan atas alas an Tuhan menciptakan kita. Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan suatu tujuan dan setiap ciptaanNya dilengkapi dengan potensi atau kemampuan untuk memenuhi tujuan tersebut. Pembatasan potensi mempunyai pengaruh langsung  pada tujuan dan kehendak Tuhan. Ini sangat menggugah semangat saya untuk mengerti bahwa Tuhan menciptakan saya dengan tujuan yang jelas dan pasti dilengkapi dengan potensi artinya kita itu memiliki potensi dan dalam buku ini di jelaskan suatu tragedi terbesar dalam kehidupan jika kita tidak memanfaatkan potensi karena kita tidak mengetahuinya.

Manfaat-manfaat yang boleh didapatkan dalam buku ini adalah :
  1. Kita mengerti mengapa kita harus memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita.
  2. Mampu mengerti bagaimana menjadi pribadi yang potensial.
  3. Kita mengetahui apa saja yang menjadi musuh atas potensi kita.
  4. Mengerti bagaimana kita menjaga dan melindungi potensi kita.
  5. Bagaimana mengelolah dan mengembangkan potensi.
  6. Memahami bagaimana kita membagikan potensi kita.
  7. Memahami bahwa potensi kita diperlukan generasi berikutnya.
  8. Memahami dan menaati hokum-hukum batasan
  9. Kita mampu memulihkan potensi kita
  10. Kita menyadari bahwa Tuhan menciptakan kita bersama potensi dalam diri kita.
Buku berjudul “Maximizing Your Potential” memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan kepribadian kita, melindungi dan menumbuhkan kehidupan supaya memunculkan yang terbaik yang bisa kita capai dalam generasi kita.
 
Bagikan artikel ini :

Post a Comment

 
Supported by: Blogger | Blogger.com
Copyright © 2014. Rumah Pelayanan - All Rights Reserved
WWW . RUMAHPELAYANAN . COM